BAHAGIA KETIKA MENGETAHUI MEREKA SELALU MENJAGA SHALAT DENGAN BAIK
Selasa, 02 Agustus 2016     08:58:26 WIB    Tomy
Kategori: Artikel - Dibaca: 648 kali

Sabtu, 23 April 2016 bertempat di SMA Negri 1 Cikarang Timur, saya mengikuti pelatihan guru menulis gerakan literasi sekolah yang diadakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, SMA Kabupaten Bekasi. Kegiatan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama dimulai pukul 09.00 WIB dengan pemateri pertama Bapak Idris Apandi, M.Pd, sampai jam 12.00, kemudian istirahat makan siang dan shalat kurang lebih 90 menit,  selanjutnya pukul 13.30 WIB  sesi ke dua materi di sampaikan oleh bapak Nicky Rosyadi, M.Pd.

Kali ini saya tidak akan membahas tentang isi materi atau ilmu baru dan berharga yang telah saya dapatkan dalam mengikuti kegiatan pelatihan tersebut. Namun, kali ini saya akan menceritakan hal lain diluar kegiatan pelatihan tersebut ,yang membuat saya terharu dan bangga. Saya akan menuturkan tentang apa yang saya lihat di saat jam istirahat shalat dan makan siang.

Ketika sesi pertama selesai, panitia meminta peserta pelatihan untuk shalat dan makan siang. Namun sebelumnya, kami semua melakukan photo bersama dengan Bapak Idris Apandi, M.Pd . Setelah photo, saya bergegas menuju masjid untuk melaksanakan shalat Dzuhur. Setelah shalat selesai saya bermaksud untuk istirahat sejenak  di beranda masjid. Ketika saya duduk santai, saya melihat di dalam masjid ada anak sekolah yang sedang melaksanakan shalat berjamaah. Saya amati anak-anak tersebut. Kemudian mata saya tertuju kepada orang yang memimpin shalat. Sepertinya saya mengenali orang ini, gumam saya dalam hati. Walaupun belum begitu yakin, saya coba untuk melihatnya lebih dekat lagi melalui  pintu jendela.  Dengan pelan-pelaan saya mendekati jendela. Subhanallah, Ternyata benar, dia adalah mantan murid saya, dia lulus tiga  tahun lalu dari SMPIT ANNUR, Cikarang Timur. Senang rasanya hati saya ketika melihat mantan murid saya masih tetap menjaga shalat wajib mereka. Spontan saya ambil telephone genggam saya, dan dengan perlahan saya ambil photo mereka disaat sedang melaksanakan shalat. Kemudian saya pergi, dan mealanjutkan makan siang.

Disaat makan siang saya amati lagi photo itu. Wah anak murid saya ini sudah semakin dewasa sekarang, gumam saya dalam hati. Memori saya pun kembali ke masa lalu, masa-masa pertama kali saya mengenalnya, kurang lebih 5 tahun lalu ketika saya menjadi wali kelasnya bersama 27 siswa lainya di kelas VII A Ibnu Sina. Terkenang akan wajah-wajah mereka yang lucu.  Alhamdulillah pertama bertemu siswa ini di masjid, lagi shalat dan jadi imam pula, kembali saya bergumam dalam hati.

One thing  I love the most from my ex students is when knowing they always keep their shalat”. Kalimat tersebut merupakan postingan yang saya kirimkan ke dalam grup Whatsaap Ikatan Alumni Siswa Annur (IKASA). Kemudian saya kirimkan gambar disaat anak-anak tadi photo disaat shalat. Mudah-mudahan kalimat dan gambar yang saya kirimkan dapat memotivasi mantan anak-anak didik saya agar tetap menjaga shalatnya. “Anak-anaku, Saya bahagia  ketika mengetahui kalian selalu menjaga shalat dengan baik.”

(bersambung…)

Irwansyah Saragih



Polling


Penilaian Anda tentang Pendidikan di Indonesia ?

Buruk
Kurang
Cukup
Baik

Lihat Hasil Poling

Mitra Kami

Statistik User


570214


Pengunjung hari ini : 84
Total pengunjung : 141170
Hits hari ini : 267
Total Hits : 570214
Pengunjung Online : 2

Galeri Terbaru