SMPIT ANNUR, Juara Sekolah Berbudaya Lingkungan
Sabtu, 22 Juli 2017     13:04:25 WIB    Tomy
Kategori: Berita - Dibaca: 816 kali


SMPIT ANNUR mendapat penghargaan lingkungan Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Barat, Senin 17 Juli 2017 di Bandung

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi atas perilaku warga sekolah dalam menjaga lingkungan. Penghargaan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Bapak Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc., M.Si beserta Ibu Dr. Hj. Netty Prasetiyani Heryawan, M.Si.

Kepala SMP IT ANNUR Cikarang Timur Devit Taslim, M.Pd mengatakan, pihaknya bisa mendapatkan penghargaan tersebut setelah seluruh warga sekolah memiliki perilaku berbudaya lingkungan yang baik. Hal ini didukung tidak hanya dari perilaku menjaga lingkungan, tetapi juga menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. “Seluruh warga sekolah, baik itu guru, kepsek, siswa, staf, dan komite sekolah didorong mampu menjaga lingkungannya,” ungkapnya.

Dia mengatakan, bukan hal yang mudah membiasakan perilaku siswa dan guru menjaga lingkungan tetap asri. Pasalnya banyak siswa yang masih sering membuang sampah sembarangan tapi pihak sekolah terus mengingatkan. Proses mendapatkan penghargaan tingkat provinsi ini pun dimulai dari mengikuti kompetisi penghargaan Adiwiyata tingkat Kabupaten Bekasi dan Provinsi Jawa Barat.

Menurutnya, kriteria penilaian untuk mendapatkan penghargaan tersebut di antaranya kebijakan, kurikulum, partisipasi yang melibatkan warga sekolah dan juga sarana prasana pendukung. Dengan didapatkannya penghargaan ini, tambah Devit, diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat di sekolah.

Menurutnya dengan lingkungan yang baik secara otomatis akan mendukung psikologis siswa dalam proses belajar. “Ketika siswa merasa bosan belajar di kelas, setidaknya merela bisa nyaman belajar d luar kelas karena lingkungannya yang tenang dan asri,” tandasnya.

Program Sekolah Berwawasan Lingkungan yang lebih dikenal dengan Program SBL telah ditetapkan di SMP IT ANNUR Cikarang Timur sejak tahun 2016 dengan SK Kepala Sekolah. Program SBL ini menekankan kepada keadaan lingkungan sekolah yang bersih, hijau, indah dan sehat. Untuk menjamin terlaksananya program ini, dibentuk tim khusus yang disebut Tim SBL sebagai pelaksana teknis harian.

Program kerja Tim SBL sangat jelas, yaitu diantaranya :

Menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah.
Menjaga kebersihan ruangan dan halaman kelas dan kantor.
Menghemat sumber daya listrik dan sumber daya air.
Mengatur pembuangan sampah pada tempatnya.
Mengolah sampah menjadi pupuk/kompos
Kawasan tanpa rokok.
Dan lain-lain.

Dengan diadakannya Program SBL diharapkan SMP IT ANNUR Cikarang Timur yang merupakan anggota Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) ini dapat mempelopori dan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dalam menanggulangi perubahan iklim di dunia yang dikenal juga dengan istilah global warming (pemanasan global), di mana efek dari rumah kaca dan bocornya ozon akibat polusi yang terjadi di bumi ini, dapat menimbulkan efek pemanasan sehingga dapat melelehkan gunung-gunung salju, sehingga kawasan dataran akan banyak berkurang.
Tim SBL SMP IT ANNUR Cikarang Timur sebagai pelaksana teknis Program SBL berusaha sekuat tenaga untuk menghidupkan program SBL serta mengikuti perlombaan yang diselenggarakan secara nasional memperebutkan piala Adiwiyata, yaitu adalah penghargaan nasional yang diberikan kepada sekolah sebagai penyelenggaraan SBL terbaik se-Indonesia (Tomy)



  Terpopuler  
  Terkini  
  Komentar  

Polling


Penilaian Anda tentang Pendidikan di Indonesia ?

Buruk
Kurang
Cukup
Baik

Lihat Hasil Poling

Mitra Kami

Statistik User


596755


Pengunjung hari ini : 355
Total pengunjung : 149812
Hits hari ini : 2235
Total Hits : 596755
Pengunjung Online : 3

Galeri Terbaru